Cara “Move On” yang Sangkil dan Mangkus (Efektif dan Efisien) :D

“Catatan ini saya dedikasikan untuk mengenang teman saya yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena seorang pria yg tiba2 nikah sm org lain, smoga ga ada lagi yang melakukan hal serupa ya.. sedih skali dengarnya..” :((

Btw curhat dulu sedikit, ya.. Hari ini saya kebagian tugas dan kerjaan seabrek, alhasil seharian dari pagi buta sampe tengah sore menatap layar komputer terus. Sejam sebelum saya memberikan les, saya angkat tangan! Cape boookkk.. dan memutuskan untuk mencuci sendal putih saya yang kebetulan kemaren Sabtu kecipratan “susu cappuccino” di jalan yang becek. Karena badan udah pegel dan mata menjadi sayu melihat komputer, kekuatan mencuci saya berkurang. Nah, dari situ, tiba2 kepikiran, “Biasanya orang yang lagi stres, bete, pengen putus dan melupakan seseorang, atau cuma sekedar sebel sama orang lain, pasti bakal punya kekuatan lebih buat nyikat nih sepatu/sendal.”

Nah, jadilah saya menulis catatan ini.. Semoga membantu buat yang mau “melupakan seseorang” (baik itu gebetan atau mantan) ya.. 😀

Ini dia langkah-langkahnya..beberapa konyol, beberapa jayus, sisanya ga penting.. 😛

1.Okaiii yang pertama! Langkah yang gampang dulu lah.. Klo mantan/gebetan u ada di twitter, pesbuk, messenger.. caranya? Klo di twitter, tinggal unfollow. Klo di pesbuk, tinggal di-unfriend (atau klo merasa ga enak), tinggal di-unsubscribe ajah. Ga kepengen statusmu dibaca dia? Tinggal pilih >> this status appears to >> custom >> pilih orang yang ga lu pengen buat baca status u :D. Klo di messenger? Tinggal di-delete atau klo ga enak, tinggal di-always appear offline to this buddy.

2.Lanjut… emang ya.. klo lu suka sama orang, jangan semuanya di-add, dari pesbuk, twitter, messenger, satu kelas kek, atau satu kantor.. ya gapapa sih sebenarnya, cuma ntar klo sampe putus, wadooh ribet. Okeh, kita bahas satu-satu…

A.Klo satu kelas gimana? Khusus anak smp dan sma, itu mah mau gimana lagi? Sekelas selama satu tahun, ga ketemu cuma pas liburan. 😛 caranya pindah sejauh2nya dari mantan lu, dan di kelas, konsentrasi bener2 sama pelajaran. ← ini udah merupakan cara paling ampuh, liatin.. kalau perlu pelototin gurunya, biar u ga ngeliatin/kepikiran sama mantan u.

Kalau udah kuliah? Nah ini mending, kamu cuma bakal ketemu sama itu orang 3 bulan per semester, sisanya ga bakalan ketemu, kecuali kalau lu SP (semester padat/pendek). Lalu, tinggal pindah kelas 🙂 Klo u kelas A, pindahlah ke kelas B dst.. Atau pas lagi, daftar kelas baru, janjian untuk jangan barengan! Biar ga sekelas 😀 Klo kyk gw, anak DKV ITHB, sekelas terus gimana? Okeh, kelas dkv kan gede tuh, yawda, menyingkir sajalah… 😀 Kalau satu kampus tapi beda jurusan? Yah, ga usah repot itu mah hahaha… tinggal menghindar tempat2 yang sering ia kunjungi aja, apalagi kalau beda gedung kuliah..bakal jarang ketemu kok..

B.Klo satu kantor gimana? Nah ini agak susah. Kalau bisa sih jangan putus ya.. apalagi kalau ternyata kerjaannya sama, contoh: saya desainer, dia copywriter, dan kita partner-an!!! Okeh.. gag mungkin kan klo pindah kerja cuma gara2 putus? Haha.. caranya gmn? Terdengar cliché (klise) memang, tapi berusahalah profesional. Bicara baik2 dengan yang bersangkutan kalau di kantor bakal bersikap profesional dan ga bawa masalah itu di tempat kerja. Susah? Memang, tp kalau susah, bukan berarti ga bisa kan? 🙂 Satu kata untuk yg seperti ini, “SEMANGAT”!

Kedua, jangan cerita sana sini masalah ini, kalaupun satu kantor udah pada tahu, yah, tanggapi dengan positif dan jangan ceritakan kelemahan atau aib atau apapun dari mantan/gebetan (tp terutama mantan), terutama yang berbau negatif. Jalanin aja pekerjaan seperti biasa, dan anggap mantan sebagai teman dan bukan musuh.

3.Ini cara yang cukup efektif. MAKAN! (Tenang2… jangan syok dulu, terutama untuk kaum hawa..) Makan dengan cara yang benar bisa membantumu menjadi positif dan tidak akan jadi gemuk kok.. 🙂 Dalam bukunya Eat, Pray, Love, Elizabeth Gilbert juga makan kok. Betul bahwa makan bisa membuat stres berkurang! Haha.. Caranya gimana makan yang benar? Secara alami, orang ga mungkin.. sekali lagi saya tekankan.. GA MUNGKIN nyentuh yang namanya wortel atau brokoli saat stres. Mereka pasti nyentuhnya makanan bergula tinggi, kue manis, minuman soda dst.. Yep, tubuh memproduksi hormon kortisol (hormon kortisol juga brtanggung jawab bikin kamu jadi gemuk) saat stres dan untuk menurunkan hormon kortisol dibutuhkan hormon serotonin yang memberikan kebahagiaan, dan makanan yang meningkan produksi hormon kesenangan ini, ya.. yang kaya akan gula. Gula memberikan rasa aman bagi orang yang sedang stres.

Lalu gimana dong?

Makan coklat hitam (rendah akan atau tanpa susu dan gula) yang mengandung bioflavonoid dan morfin yang meningkatkan hormon serotonin ini. Kedua, makan buah-buahan. Tidak apa2 makan buah2an berasa manis saat ini, secukupnya (secukupnya ya ok?). Gula dalam buah, sering disebut juga fruktosa, tidak meningkatkan kadar gula dalam darah secepat gula buatan yakni sukrosa dan sukralosa(splenda).

4.Olahraga >> nah ini dia! Ada kaitannya dengan sikat menyikat sendal haha.. Apa hubungannya bo? Olahraga sama putus cinta? Dooh, ini penulis ngarang deh.. haha..Dalam bukunya, The 7 Pillars of Health, dokter Don Colbert menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar dopamin, serotonin dan norepinephrin. Ini adalah trio hormon kebahagiaan. Itu sebabnya olahraga dapat menghilangkan depresi. Pilih olahraga yang kamu sukai.. mau nyikat sendal, cuci baju (bukan dengan mesin cuci yaa…), lari pagi sambil bawa binatang piaraan (contohnya, anjing), jalan2 juga ok, yoga, pilates, menari, yap whatever..

5.Nangis! Menangislah sampai puas, dan lupakan.. Menangis, mungkin ga semua orang akrab dengan hal ini terutama kaum pria, yang notabene katanya ga boleh nangis. Nangis is okay, bro! 😀 Selesai kamu menangis, pasti berasa lebih plong. Lebih bagus menangis di malam hari.. jadi ga ganggu pekerjaan/sekolah/orang lain haha.. udahnya langsung tidur deh..

6.TIDUR! Gimana caranya? Wong stres kok disuruh tidur? Normalnya, orang tidur pasti berbaring betul? Sangat sedikit orang yang tidur berdiri 😛 Tidurnya jangan duduk okei? Tidur normal… Ketika kita tidur, secara otomatis, pernafasan dada pindah ke perut, makanya perut kita suka naik turun pas kita tidur, dan bukan dada yang mengembang dan mengempis. Pernafasan perut membuat relax 🙂 sedangkan pernafasan dada membuat orang tambah stres. Klo ga bisa tidur? Belajar untuk bernafas dengan perut, dan stres akan berkurang.

7.Mandi! Ini cara yang ampuh buat menghilangkan stres, kalau perlu siapkan minyak aromaterapi. Namun, orang-orang yang “kurang peka dan sebodo amat” kayak saya paling males harus pake ritual2 ginian. Jadi gimana caranya? Mandilah dengan air dingin 5-10 detik, ganti air hangat 5-10 detik, lalu ganti lagi dengan air dingin 5-10 detik. Menyegarkan, bikin melek, dan mengurangi stres. Saya pernah coba cara ini, tapi agak ribet juga.. haha.. akhirnya saya memutuskan mandi biasa dengan sabun yang menurut saya wangi dan menyegarkan. Stres? Cukup berkurang 😀

8.Sebenarnya banyak cara supaya bisa melupakan orang itu (a.k.a mantan/gebetan) tapi cara yang paling ampuh adalah MEMAAFKAN. Entah kenapa saya suka dengan kata memaafkan. Ada sebuah kalimat yang diucapkan oleh seorang anak kecil yang pernah mengalami penganiayaan di Afrika (saya lupa namanya.. maaf) dan memutuskan untuk memaafkan orang tersebut, dia bilang: To forgive is to forget, but to forget doesn’t mean to forgive (Memaafkan itu melupakan, tetapi melupakan tidak berarti memaafkan). Maafkan orang itu, dan tunjukkan kasih. Jangan lupa juga berdoa… Ketika kamu merasa tidak bisa memaafkan, mintalah Tuhan Allahmu yang membantumu memaafkan orang tersebut dan “move on”, friends.. Daripada menghujat, menikam dari belakang, dan menceritakan keburukan orang tersebut, lebih baik doakan orang tersebut. “Membenci itu manusiawi, tapi memaafkan itu ilahi,” kata anak kecil Afrika tersebut. Lanjutkan hidupmu 🙂

9.Ketika kamu sedang dilanda masalah, putus, ataupun ga berhasil jadian. Yap… mungkin kamu salah satu ksatria pilihan Sang Pencipta, yang nantinya bisa menghibur teman temin kamu yang mengalami masalah serupa. Orang tidak bisa saling menghibur, kalau ia belum pernah mengalami kepahitan yang sama bukan? So, BERSYUKURLAH 🙂

10.Cari yang baru. HAHA… Dari tadi saya banyak seriusnya, haha.. yang nomer 10 ini, mungkin langkah yang paling berani wkk… tapi yap betul cari yang baru. Terkadang satu pintu harus tertutup sebelum pintu lain terbuka.. dan ga perlu diambil pusing… Kadang sesuatu yang terlihat besar dan menakutkan saat ini, bisa kehilangan nilai penting dan keseriusannya di masa mendatang..

10+ Nah ini sebenarnya cuma khusus kaum hawa. Ada yang namanya PMS (pre-menstrual syndrome).. Perempuan memiliki siklus di mana mereka melewati saat2 stres, bahagia, dan merasa cantik dalam kurun waktu 28-35 hari. Kalau kamu mengalaminya ketika PMS, mungkin bisa jadi tambah stres. Ini normal 🙂 dalam waktu singkat, kamu bakal jadi bahagia dan merasa cantik (atau bahkan jadi centil) lagi setelah PMS ini berlalu. All in all, BERBAHAGIA DAN BERSYUKURLAH 🙂 Kamu pasti bisa melewatinya 🙂

NB Kalau ada tambahan, tidak setuju, suka, ataupun ga suka dengan tulisan ini, silakan berikan komentar, saran, dan perbaikannya.. 🙂

Oya..hal-hal yang berhubungan dengan kedokteran/medis yang disebutkan di atas, saya dapat dari buku-buku tulisan Dr. Don Colbert, Stress Less dan The 7th Pillars of Health.. Sedangkan beberapa buku psikologi yang saya baca dalam menulis ini adalah buku The Purpose Driven Life oleh Rick Warren, Don’t Sweat the Small Stuff for Teens yang ditulis oleh Richard Carlson, Eat, pray, love-nya Elizabeth Gilbert dan Glamour Girls, karangan Andrea Stephens 🙂

With bunches of loves and hearts,

~Sharen Song~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s